Tugas Ketua Kelas di Kampus, Ini Penjelasan Lengkapnya

Ternyata tugas ketua kelas di kampus tidak boleh dianggap remeh. Adanya ketua di dalam kelas membuat perkuliahan semakin kondusif. Dunia perkuliahan memiliki ritme yang sangat cepat dan kompleks.

Tentunya berbeda dengan pembelajaran sewaktu duduk di bangku sekolah menengah. Oleh karena itu, hadirnya ketua kelas di bangku kuliah memiliki andil tersendiri. Lebih lengkap tentang tugas ketua kelas alias Sipen kampus, ini dia ulasannya.

Berbagai Tugas Ketua Kelas di Kampus untuk Mendukung Kegiatan Perkuliahan

Ketua kelas di bangku perkuliahan tidak sebatas sebagai simbol. Justru tugas dan tanggung jawabnya sangatlah penting, layaknya ketua kelas di bangku sekolah menengah. Berikut uraian beberapa tugasnya yang semestinya dipahami.

1. Perantara Dosen ke Mahasiswa

Berbeda dengan pembelajaran di bangku sekolah menengah, dosen memberikan tugas ke mahasiswa secara berbeda. Materi yang diberikan juga sistemnya terkadang berbeda. Umumnya dosen akan mencari ketua kelas sebagai perantaranya dalam memberikan materi.

Begitu juga dengan tugas yang diberikan terkadang melalui ketua kelas. Hal ini dinilai lebih efektif, mengingat dosen juga kadangkala memiliki kesibukan tambahan. Misalnya membimbing skripsi, sidang, dan sebagainya.

2. Memimpin Rapat Kelas

Agar situasi kelas lebih terkoordinir, biasanya akan ada rapat internal. Pembahasannya dalam rapat kelas berupa:

· Laporan tanggung jawab

· Donasi ke sesama teman

· Kegiatan kampus bersama (wisata, KKN, dan sebagainya)

· Rapat lanjutan dari kebijakan kampus baru, dan masih banyak lagi

Seperti halnya rapat pada umumnya, untuk di kelas juga harus ada pemimpinnya. Pemimpin dari rapat ini adalah ketua kelas agar koordinasi lebih terarah. Selain itu, akan ada sekretaris dan beberapa seksi lain yang menjadi penanggung jawab kelas.

3. Penanggung Jawab Kelas Terhadap Dosen

Tugas ketua kelas di kampus berikutnya masih berhubungan dengan dosen. Akan tetapi untuk poin ini lebih ke tanggung jawab. Tanggung jawab yang dimaksud adalah memberi informasi jika ada teman yang absen kuliah.

Selain itu, laporan tanggung jawabnya juga berupa konfirmasi bahwa tugas dari dosen sudah disampaikan. Hal ini sangat membantu agar dosen tahu kondisi kelas, walau tidak setiap hari mengajar.

4. Perwakilan Kelas dalam Rapat

Selain rapat internal, dalam perkuliahan biasanya akan ada pertemuan antar kelas. Perwakilannya adalah ketua kelas, dan terkadang ditambah dengan wakil atau sekretarisnya. Adanya perwakilan yang kompeten membuat informasi dan aspirasi optimal tersampaikan.

Tips Menjadi Ketua Kelas di Kampus agar Tidak Dianggap Sebelah Mata

Mengingat tugas ketua kelas di kampus yang kompleks, banyak juga yang menganggap sebagai ‘pesuruh’. Padahal menjadi ketua kelas bisa menambah pengalaman dan koneksi. Ini beberapa tipsnya agar saat menempati posisi ini tidak dianggap remeh.

BACA JUGA   7 Kerja Online Gratis Dibayar Langsung 100 ribu Per Hari Ke Rekening ATM Bank Tanpa Modal

1. Tegas tetapi Tidak Otoriter

Mengingat tugas ketua kelas di bangku kuliah lebih kompleks, dalam menjalaninya diperlukan ketegasan. Tegas tidak sama otoriter karena posisi dengan teman sekelas sebenarnya sama. Hanya, tugas dan tanggung jawabnya berbeda sehingga wajib fleksibel dijalani.

Misalnya ketika dosen meminta untuk mengumpulkan tugas lewat ketua kelas. Anda bisa mengkoordinir dan mengingatkan teman untuk mengumpulkannya. Jika ada yang tidak mau mengumpulkan lewat Anda, tinggal katakan bahwa harus mengumpulkan sendiri ke dosen.

2. Profesional

Ada kalanya hubungan dengan salah satu teman sekelas memburuk. Akan tetapi hal ini tidak boleh jadi alasan untuk ‘pilih kasih’. Tugas ketua kelas di kampus salah satunya adalah menerima informasi tugas dan materi dari dosen. Setelah itu menyampaikan ke teman.

Walau sedang ada masalah pribadi dengan salah satu teman, bukan berarti informasi dari dosen tidak diamanahkan. Anda harus tetap profesional menyampaikan amanah, even masih ada konflik personal.

3. Unggul dalam Komunikasi

Modal penting dalam menjadi ketua kelas adalah kemampuan komunikasi. Anda harus bisa berkomunikasi secara efektif dengan teman ketika menyampaikan tugas dosen. Selain itu, memahami isi pesan dosen juga harus bisa dilakukan, agar tidak ada salah tangkap informasi.

Memang sebagai ketua apa saja posisinya pasti ada tanggung jawab dan tugas yang diemban. Termasuk saat menjadi ketua kelas di bangku kuliah. Walau demikian, jika tugas ketua kelas di kampus dilaksanakan baik, akan memberi dampak serupa juga untuk pribadi.

BACA JUGA   Rekomendasi Umpan Mancing di Pinggir Laut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *