Rekomendasi Umpan Mancing di Pinggir Laut

Bagi pemancing mengetahui umpan mancing di pinggir laut adalah hal yang perlu diketahui. Karena biasanya lautan memiliki banyak ikan yang cukup besar. Sehingga juga perlu umpan yang cukup besar untuk mendapatkannya.

Umpan iklan sendiri memiliki dua jenis, alami, dan artifisial yang bisa digunakan untuk memancing. Selain itu dari jenis-jenis tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Berikut pembahasan lebih lengkapnya.

Umpan Mancing di Pinggir Laut dengan Ikan Alami

Untuk mancing segar ada beberapa rekomendasi yang bisa digunakan, seperti ikan banyar, udang segar, bibit bandeng, dan lain sebagainya. Selain itu juga da umpan jenis artifisial seperti minnow, vibration, metal jig, dan lain sebagainya. Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Ikan Banyar

Rekomendasi umpan mancing di pinggir laut pertama yaitu ikan banyar. Untuk menjadikan sebagai umpan membutuhkan waktu yang cukup lama. Karena perlu memisahkan daging dengan duri dengan mengambil bagian tengahnya.

Setelah itu juga perlu mengeringkan bagian daging tersebut selama 3 hari. Hal itu dilakukan supaya aroma amis pada ikan bisa keluar. Kemudian potong dengan memanjang untuk menjadikan sebagai umpan.

2. Udang Mati

Umpan mancing di pinggir laut yang bisa digunakan selanjutnya yaitu udang. Cara memilihnya yaitu dengan memilih udang segar dengan memiliki warna kemerahan. Setelah itu buang bagian kepalanya dan pisahkan bagian dagingnya sebagi umpan.

Hal yang penting perlu diperhatikan yaitu ketika umpan dimakan ikan, secara otomatis insangnya bisa langsung tersangkut. Sehingga hal tersebut memudahkan dalam proses pemancingan ikan.

Untuk membuat umpan dari udang yaitu dengan mengaitkan daging yang sudah dipilih pisahan pada kail pancing dengan posisi lurus dan menutup seluruh kail pancing. Dengan begitu, Anda akan berhasil.

3. Bibit Bandeng

Bibit bandeng juga bisa digunakan sebagai umpan mancing di pinggir laut. Caranya yaitu dengan mengaitkan ikan bandeng mirip dengan ikan hidup. Dengan menancapkan kail pada bagian pelipis bola mata dan menghindari tertancap bola mata, supaya daya tahan umpan tidak akan menurun.

4. Kelelet

Kelelet merupakan jenis umpan ikan laut pinggiran yang hampir mirip dengan cacing. Memiliki bentuk panjang dan bagian tubuhnya berlendir sekaligus lengket. Binatang ini tidaklah berbahaya karena bisa dijadikan alternatif sebagai umpan saat memancing.

Cara membuat umpan dari kelelet yaitu pertama dengan mengeringkannya, kemudian memotong menjadi bagian kecil seperti permen. Pada bagian kepalanya perlu dipotong untuk mengeluarkan lendirnya. Setelah itu potong bagian tubuh lainnya dan tancapkan pada kail pancing.

Umpan Mancing dengan Ikan Artifisial

Selain umpan mancing di pinggir laut alami seperti yang sudah disebutkan di atas. Ada juga beberapa umpan artifisial atau buatan yang bisa digunakan untuk memancing ikan di pinggiran laut.

1. Minnow

Minnow merupakan jenis umpan ikan artifisial yang memiliki bahan dasar seperti metal, kayu dan plastik. Umpan jenis ini disukai oleh beberapa ikan predator berada di pinggiran laut dan juga air tawar.

BACA JUGA   Inilah Cara Mengetik di WPS Office di HP dengan Mudah

Cara menggunakan umpan ini yaitu dengan melemparkan ke tengah laut dan tarik secara perlahan. Lebih maksimal lagi jika dilemparkan pada spot berkumpulnya ikan yaitu seperti daerah dekat terumbu karang.

2. Vibration

Vibration yang memiliki arti getaran merupakan umpan mancing di pinggir laut jenis artifisial yang juga disebut dengan swimbaits. Cocok digunakan ketika memancing saat cuaca sedang tidak menentu.

Getaran yang ditimbulkan bisa menimbulkan daya tarik bagi ikan, dan biasanya ikan bisa langsung menyambar ikan tersebut.

3. Metal Jig

Umpan ikan laut jenis artifisial selanjutnya yaitu metal jig. Memiliki bahan utama berupa logam atau timah. Dalam menambah daya tarik, pemancing biasanya menambahkan aksesoris berupa karet atau bulu binatang.

Karena berasal dari bahan dasar yang padat, ketika melemparkan umpan tersebut bisa menghasilkan jarak yang cukup jauh. Selain itu untuk mendapat daya tarik bagi ikan di lautan cukup dengan menggulung reel dengan perlahan ke atas.

4. Top Water

Umpan ikan artifisial selanjutnya yaitu top water. Penggunaan dilakukan di permukaan air, dimana nantinya seperti ikan mati yang terapung. Lebih cocok digunakan untuk memancing di daerah ikan dengan banyak ikan kecil yang sedang berenang.

Ada dua jenis umpan dalam memancing yaitu alami dan artifisial yang bisa digunakan. Untuk umpan mancing di pinggir laut dalam penggunaannya relatif bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

BACA JUGA   Cara Melacak Laptop yang Hilang Melalui HP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *