Cara ampuh mengatasi VGA yang tidak terdetek/terbaca/rusak/error dan lainnya

Solusi kartu VGA rusak



cara memperbaiki kartu vgaKartu VGA bisa rusak karena berbagai alasan. Salah satunya adalah pemasangan komponen yang tidak tepat di komputer dapat merusak VGA, tetapi lebih sering disebabkan oleh debu dan kotoran. Debu sendiri umumnya tidak menjadi masalah kecuali jika tepat berada di kipas pendingin chipset vga, apalagi debu menghalangi ventilasi kipas dan mencegah pendinginan ke suhu vga.


Beberapa hal lain dapat menyebabkan kegagalan kartu video melakukan overclocking pada voltase yang lebih tinggi dari default. Jika Anda melakukan overclock pada tegangan yang sangat tinggi, dapat merusak VGA Anda lebih cepat dari biasanya. Namun, bahkan ada kartu VGA yang bertahan berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Perlu juga dicatat bahwa banyak kartu vga cukup dingin untuk mengatasi panas berlebih, tetapi jangan berlebihan karena dapat menyebabkan kerusakan tambahan pada komputer Anda. kartu, dan bahkan akhirnya putus asa. .

Yah, tidak ada salahnya jika kita bisa memperbaiki sendiri kan, kecuali lebih hemat. tentunya untuk menambah pengetahuan kita :D.

Spesifikasi VGA rusak


1. Menggunakan VGA lama
Sebuah kartu VGA yang sudah sangat tua (2 – 5 tahun), tentunya performa perangkat mengalami penurunan akibat pemakaian dan pengoperasian yang terus menerus. dan yang perlu kita pahami adalah setiap komponen elektronik memiliki masa pakai (life span terbatas).

2. Pemasangan yang salah
Kerusakan pada kartu VGA terkadang disebabkan oleh human error, seperti salah meletakkan/misplace pada motherboard. Beberapa komponen elektronik VGA mati, VGA terjatuh atau bahkan terkena cairan.

3. Terlalu panas
Kartu VGA yang digunakan untuk desain, gaming atau mining biasanya menghasilkan suhu yang sangat panas jika digunakan terus menerus. Anda mungkin tahu bahwa setiap komponen elektronik memiliki suhu pengoperasiannya sendiri, dan saat komponen beroperasi pada suhu yang lebih tinggi dari suhu pengoperasian normalnya.

BACA JUGA   Aplikasi Edit Foto Coret yang Layak Direkomendasikan

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi VGA Tidak Terdeteksi dan Tidak Muncul di Layar

maka dapat mempengaruhi kinerja komponen tersebut. Hal ini dapat kita rasakan pada kinerja kartu VGA yang mengalami penurunan kinerja saat mengalami overheating. biasanya ciri-cirinya adalah tampilan gambar yang semula normal menjadi pecah-pecah, terkadang tampilan warna error atau bahkan freeze.

4. PSU lemah

Lalu bagaimana? cara bekerja pada perbaikan kartu VGA yang rusak. pada dasarnya kita hanya memanaskan komponen yang ada pada VGA card. kita bisa menggunakan 2 cara yaitu menggunakan UDARA PANAS atau menggunakan panci aluminium PANAS.




PERHATIAN!! ADMIN TIDAK BISA JANJI 100% BAHWA TRIK INI AKAN BERHASIL, LAKUKAN DENGAN CERMAT DAN RISIKO ANDA SENDIRI.


1. Panaskan kartu VGA dengan heat gun
Hot air gun adalah alat yang biasa digunakan dalam pekerjaan reparasi elektronik, biasanya terdapat pada service handphone dan televisi.

cara Pengoperasian alat ini adalah dengan meniupkan udara panas yang mampu melelehkan lembaran logam, sehingga hanya dengan menggunakan uap panas yang ada kita dapat menempelkan komponen tersebut ke PCB.

Lihat juga: 6 Cara Memperbaiki Nilai Penggunaan CPU yang Tinggi

Langkah kerja:

  • Nyalakan pistol udara panas
  • atur suhu ke 100 derajat Celcius
  • Atur angin agar tidak terlalu kencang agar saat udara panas mengenai PCB tidak ada komponen yang terputus oleh hembusan angin yang kencang dari hot air gun yang kita gunakan.
  • lepaskan semua aksesori atau heatsink yang ada di kartu VGA
  • Lindungi bagian yang dapat terbakar atau meleleh selama proses ini, seperti kapasitor atau konektor plastik. Anda bisa menggunakan pelat seng tipis untuk melindunginya, yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • panaskan chip memory dan chip VGA/GPU
  • jangan terlalu lama karena intinya hanya untuk memanaskan kaki sambungan chip yang terhubung ke PCB. agar solder melekat kuat kembali.

layanan kartu vga
Bagian VGA Card yang perlu dipanaskan

  • biarkan VGA membutuhkan waktu untuk menjadi dingin
  • setelah dingin pasang kembali hardware VGA (solder kapasitor kembali pada tempatnya, jangan lupa kutub positif dan negatifnya – pasang kembali heatsink dan konektor yang anda lepas tadi).
  • uji kartu vga



2. Panaskan VGA card menggunakan oven atau wajan.
saat kita tidak memiliki heat gun, kita masih bisa menggunakan alat sederhana agar trik dan tips ini mudah diterapkan.

Langkah-langkah yang digunakan dalam oven untuk memanaskan kartu VGA adalah sebagai berikut:

  • siapkan oven atau wajan terlebih dahulu, jika menggunakan wajan carilah yang sesuai dengan vga card anda
  • lepaskan komponen yang dapat terbakar jika terkena panas berlebih dan gunakan penyolderan bila perlu (misal konektor kipas/kipas, kapasitor konvensional (non solid), aksesoris VGA yang terbuat dari plastik) dan jangan lupa melepas heatsink pada kartu VGA. Untuk konektor DVI atau VGA tidak perlu dicabut karena bahan plastik konektor ini memang didesain lebih tahan panas.



Tips memperbaiki kartu VGA yang rusak



  • setelah VGA dibersihkan dari bahan yang tidak tahan panas jika terkena panas (lihat contoh gambar diatas), letakkan VGA card di dalam oven atau panci (tanpa menggunakan air), pada saat menggunakan panci jangan lupa ditutup . pot.
  • nyalakan oven dan atur suhu 120 derajat celcius, jika menggunakan panci atur api agar tidak terlalu tinggi (gunakan api sedang).
  • panaskan VGA card anda kurang lebih 4 menit, jangan terlalu lama. karena jika terlalu lama dipanaskan, kemungkinan besar PCB VGA Card akan terbakar, chip hangus, atau timah PCB terlalu cair, sehingga komponen yang ada akan rusak karena tidak sengaja terhubung : Satu sama lain.
  • matikan oven atau kompor yang anda gunakan dan dinginkan Vga
  • setelah dingin kita sambungkan kembali peralatan VGA (kapasitor kita solder kembali pada tempatnya, jangan lupa kutub positif dan negatifnya). dan pasang dukungan atau aksesori apa pun dari VGA
  • tes kartu vga



Trik memperbaiki kartu VGA yang rusak atau bahkan mati Itu tidak selalu berhasil dua arah, tetapi saya pribadi melakukannya dan 5 dari 7 kartu VGA yang saya uji dapat hidup kembali dan berfungsi normal.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *